“Blitar Kutha cilik kang kawentar” bagi beberapa orang kalimat tersebut sangat lekat dengan keberadaan Kab. Blitar.

Kab. Blitar terletak di bagian selatan provinsi Jawa Timur. Jika kalian dari Kota Malang kalian akan menempuh perjalanan selama satu setengah jam dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Saat ini Kab. Blitar menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang patut dijadikan referensi berlibur untuk kalian kunjungi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya destinasi wisata di Kab. Blitar yang mulai di kenal melalui promosi dibergagai media sosial. Salah satu destinasi sejarah yang terkenal di Kab. Blitar adalah Candi Penataran yang sekaligus menjadi ikon penting Kab. Blitar. Candi Penataran ini terletak di Kec. Nglegok, sekitar 30 menit dari pusat Kota Blitar kearah utara. Jika kalian beruntung pada bulan-bulan tertentu di Candi Penataran ini diadakan sebuah upacara tradisional dan juga pawai budaya yang kental akan tradisi. Selain Candi Pentaran masih banyak lagi destinasi wisata berupa candi di Kab. Blitar. Disamping destinasi wisata berupa candi, Kab. Blitar juga terkenal dengan beberapa wisata alamnya. Seperti wisata Telaga Rambut Monte, Bukit Cinta atau yang sering disebut dengan bukit Telletubies, dan juga wisata teh Sirah Kencong.

Jika kalian berkunjung ke Kab. Blitar kalian tidak perlu khawatir mengenai masalah kuliner, karena di Kab. Blitar juga terdapat banyak destinasi wisata kuliner yang wajib untuk dikunjungi. Kuliner khas yang paling popular di Kab. Blitar adalah Pecel Blitar. Tidak perlu repot mencari penjual pecel khas Blitar ini karena disepanjang jalan pasti kalian akan menemukan banyak sekali penjual nasi pecel, mulai dari pedagang kaki lima atau lesehan, warung khas nasi pecel, sampai restoran yang menyajikan menu khas Kab. Blitar. Selain pecel Kab. Blitar juga terkenal dengan peyek dan kripik ucengnya. Bahkan peyek dan kripik uceng di salah satu depot di Kab. Blitar sudah beberapa kali dikunjungi oleh pejabat dan artis ibu kota.

 

Tinggalkan komentar